Cara Booting ke USB Secara Paksa Atau Tidak Bisa Masuk Bios

09:40:00
Cara Booting ke USB Secara Paksa Atau Tidak Bisa Masuk Bios 

BIOS atau Basic Input Output System merupakan program yang berisi kumpulan informasi dan konfigurasi mengenai perangkat yang terdapat pada sebuah komputer. BIOS berfungsi mengatur proses booting pada saat komputer dinyalakan. Selain itu, perangkat keras yang terdapat pada komputer juga bisa disetting melalui BIOS agar dapat bekerja semaksimal mungkin.
Ketika anda mencoba untuk booting dengan usb flashdisk banyak ada beberapa masalah yang dihaapi salah satunya ketika kita tidak bisa masuk ke bios. Cara ini hanya dilakukkan ketika komputer/pc tidak bisa masuk kedalam bios.

Perlu diingat dalam kasus ini komputer sudah terinstal OS.


Berikut cara memaksa komputer booting ke usbflashdisk :
1.Downoad dan instal aplikasi EasyBCD dikomputer yang tidak bisa booting ke usbflashdisk,aplikasi inni support 32bit dan 64bit.
2.Jalankan aplikasi EasyBCD dikomputer yang booting ke usbflashdisk,klik tombol Add New Entry disebelah kiri, dibawah Portable/External Media ganti ke tab BIOS Extender. BIOS Extender ini dapat dipakai untuk boot dari Network, CD atau USB walaupun komputer / laptopnya tidak mendukungnya.



3.Kemudian masih dibawah tab BIOS Extender, klik tombol Install PLoP untuk menambahkan entri PLoP ke dalam menu boot.



Komputer sudah bisa booting dari usb.
Dan anda telah menginstall PLoP dan EasyBCD Bios Extender,sekarang anda bisa mengujinya untuk menginstal os lain dengan booting ke usb.Masukan usb ke port usb,kemudia restart pc.
Anda akan menemukan enrti baru di menu boot dengan nama EasyBCD BIOS extender,pilih EasyBCD BIOS extender tekan enter untuk masuk ke opsi berikutnya ,anda akan melihat daftar opsi.



Pilih opsi USB untuk memulai booting dari USB flashdisk,anda bisa untuk menginstal ulang os anda/upgrade.

Cara Kedua: Gunakan cara ini jika komputer anda tidak booting, alias ngga ada OS / windows didalamnya, dengan catatan komputernya harus ada CD / DVD yang masih bekerja.
Download PLoP boot manager dan bakar (burn) file .ISO nya ke CD atau DVD (ekstrak dahulu file .zip nya untuk mendapatkan file .ISO)
Hidupkan Komputer / PC / Laptop anda, masukkan CD / DVD tadi ke drive, bootinglah menggunak CD/DVD (set dahulu booting pertama menggunakan CD/DVD di Bios).
Colokin USB Flashdisk yang berisikan windows 8 ke port usb nya, setelah komputer berhasil boot dari CD/DVD dengan cd PLoP boot manager yang telah kita buat tadi, muncul opsi baru .
Kemudian pilih opsi USB, lalu mulailah proses penginstallan dari usb flashdisk seperti biasanya.

Itulah cara komputer booting ke usb secara paksa atau ketika tidak bisa masuk bios.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
2 April 2019 at 06:11 delete

K tiap kali mulai boot k stuck ya?

Reply
avatar